IIMS 2014 Jendela Otomotif Tanah Air

Hajatan otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) kembali di gelar untuk ke-22 kalinya serta di buka dengan cara resmi Kamis (18/9). Pameran tahunan ini bakal berjalan sepanjang 10 hari di JIExpo Kemayoran, Jakarta mulai 18 September sampai 28 September 2014. Ketua Umum Paduan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Sudirman MR mengibaratkan IIMS 2014 juga sebagai suatu jendela. Orang-orang dapat lihat perubahan industri otomotif di tanah air lewat gelaran ini. Bukan sekedar untuk mata lokal, juga umum internasional.

" IIMS bukan sekedar ditujukan pada umum domestik namun juga jadi barometer trend industri otomotif Indonesia di mata dunia, " tutur Sudirman waktu pembukaan IIMS 2014 di Kemayoran, Jakarta. Pandangan seirama disibakkan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi. Ia memperkirakan IIMS akan jadi barometer utama dalam 10 th. ke depan. Bukan sekedar dalam komunitas otomotif regional tetapi juga dunia.

" IIMS utama lantaran disini kita bakal berkompetisi serta jadi tuan rumah di negeri sendiri, " kata Luthfi di Kemayoran Jakarta, Kamis (19/9). Menurut Luthfi industri otomotif nasional selalu tunjukkan trend positif. Bidang barang jadi ataupun 1/2 jadi dalam industri ini telah mencatatkan nilai ekspor surplus mulai sejak th. 2012 lantas. Diperkirakannya, th. ini surplus ekspor product otomotif dari Indonesia menembus 2, 5 miliar dolar AS.

“Tahun ini perkiraannya 4, 5 miliar (dolar AS) ekspornya, walau impornya 2 miliar dolar, jadi nett untuk industri otomotif surplus 2, 5 miliar (dolar AS), ” kata dia. Menurut Luthfi kesuksesan industri otomotif menarik investasi di Indonesia tak terlepas dari pameran seperti IIMS. Arena ini buka mata dunia bila Indonesia termasuk juga negara mungkin untuk industri bagian ini.

Th. ini IIMS, mengusung topik " Smart and Safe Mobility " serta diikuti sejumlah 36 merk kendaraan. Salah satunya ada 29 merk kendaraan penumpang serta 7 merk kendaraan komersial. Beberapa ratus perusahaan dari industri pendukung juga di pastikan turut meramaikannya. Bukan sekedar memamerkan mobil-mobil teranyar, IIMS 2014 pasti akan kembali dijejali beragam jenis promo serta hiburan.