Harga LCGC Bakal Naik? (Low Cost Green Car)

Satu tahun telah program mobil murah ramah lingkungan (low biaya green car/LCGC) bergulir. Beberapa agen pemegang merk saat ini tengah ajukan keinginan pada pemerintah untuk menambah harga mobil yang di produksi di Indonesia. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengungkap, kenaikan terlebih di pengaruhi oleh aspek inflasi.

" Sekarang ini lagi dibicarakan, semasing APM telah ajukan ke pemerintah namun masih tetap menanti keputusannya seperti apa, " katanya di sela perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (20/9).

Toyota, kata Samulo, ajukan kenaikan diatas enam % dari harga saat ini. Kenaikan itu dikira masih juga dalam batas angka yang di setujui pemerintah. Tetapi Toyota masih tetap memperhitungkan apakah kenaikan dikerjakan sekalian atau dengan cara bertahap.

Pada awal mulanya Dirjen Industri Unggulan Berbasis Tehnologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi sempat juga mengisyaratkan kesepakatan kenaikan harga LCGC (low cost green car). Dengan pertimbangan kenaikan lantaran aspek inflasi ekonomi. " Saya rasa orang-orang mengerti kenaikan berlangsung lantaran ada inflasi yang beresiko ke beberapa hal, " tutur Samulo.